Susno Duadji hilang tapi muncul di YouTube

drama perihal susno duadji terus berlanjut. mantan kepala badan reserse kriminal kepolisian indonesia, komisaris jenderal polisi (purnawirawan) susno duadji, yang telah dinyatakan buron atau mendaftar pencarian orang dengan kejaksaan agung, ditampilkan pada jejaring sosial youtube berdurasi 15 menit 34 detik.

untuk menggunakan, tidak susah saja. cukup ketik tutur susno duadji dalam mesin pencari, maka program video ini akan menampilkan tayangan selama belasan menit tersebut. langkah berkomunikasi seperti ini mirip alternatif melalui saat bekas bendaharawan dpp partai demokrat, m nazaruddin, menyampaikan maksudnya daripada website persembunyiannya, dalam karthagena, kolombia.

dari youtube yang dipublikasi selama senin (29/4) tersebut, duadji menungkapkan dirinya berada selama daerah pemilihan i jawa barat; sekaligus membantah dirinya sudah menghilang.

saya berada di daerah pemilihan aku dalam dapil 1 jawa barat. tentu tidak seorang bila dikatakan aku hilang tidak ada rimbanya, terlebih bila saya dikatakan melarikan diri. aku bukan orang dan lari daripada tanggung jawab adapun aku tak nampak pada muka publik adalah supaya menghindari eksekusi liar, kata duadji dalam video tersebut.

Informasi Lainnya:

jenderal berbintang tiga bekas penegak hukum itu ada bertutur seputar status hukum, cara mengeksekusi dia, dan pasal-pasal hukum dan dikenakan, sekaligus penjelasan pasal-pasal hukum dan dia nyatakan mengakibatkan vonis hukum itu adalah batal (demi hukum).

sebagai contoh, dia menyoal putusan pada november 2011,yang juga tak mencantumkan pasal 197 ayat 1 huruf k kitab undang-undang hukum acara pidana. selama pada bandingnya juga namanya bukan dirinya, tergolong nomor register bukan perkara dirinya.

menurut dia, di dalam putusan ma selama november 2012, putusan tersebut tak menungkapkan susno duadji bersalah; maksudnya tak ada penyebutkan berapa lama hukumannya tergolong dan tak ada perintah supaya penahanan.

jadi, apabila jaksa agung ataupun aparat kejaksaan mengeksekusi aku, dan memasukkan aku ke penjara mesti ditanyakan bagaimana motivasinya? serta ada tekanan tertentu serta ada objek wisata politik? sebab saya adalah calon (legislatif).

duadji telah dimajukan partai bulan bintang dijadikan calon legislatif secara resmi; tak terpengaruh dia sedang bermasalah hukum atau tidak.

polisi bersama tim gabungan kejaksaan untuk kedua kalinya memburu duadji. padahal, kurang dari sepekan lalu, duadji sudah ada pada depan mata personel eksekutor gabungan kejaksaan agar dijebloskan penjara. duadji lolos dalam depan mata pula, selama perlindungan polisi.

kini, semuanya sibuk mencari-cari duadji. tiga properti duadji pada jakarta disatroni tim gabungan polisi dan kejaksanaan sehari penuh lalu, namun duadji semisal menguap begitu saja tak ditampilkan di mana-mana, kecuali selama yuotube.